Bacaan Do'a Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an, Bacaan Arab, Latin dan Terjemahnya

Bacaan Do'a Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an

Bacaan Do'a Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an

Kebanyakan dari kita mungkin sering mendengarkan anak-anak madrasah usai mengaji alqur'an melantunkan lagu "Allahummarhamnii bil qur'aan" Waj'al hulana imamaw wa wa nuuraw wa  hudawwa rohmah" Pasti sudah sering mendegarkan lirik lagu ini. Bahkan anak-anak kecil di TPA sudah sangat hawal dengan lantunan ini. Atau bisa jadi para pembaca sekalian sudah banyak yang hafal.

Nah kali ini kita akan memaparkan hal tersebut, dan ternyata lirik nada yang sering dilantunkan anak-anak di TPA tersebut ternyata adalah bacaan selesai membaca alqur'an. Dan inti dari do;a tersebut adalah agar Allah memberikan petunjuk dengan Al-Qur'an.

Al-Qur'an merupakan kitab suci umat islam yang didalamnya berisi firman Allah yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melalui perantara malaikat jibril yang didalamnya berisi petunjuk dan pedoman bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Al-Qur'an di awali dengan surat Al-Faatihah dan ditutup dengan surat An-Naas. Membaca Al-Qur'an  merupakan suatu ibadah, meskipun kita hanya membaca satu ayat saja, sehingga jika mengerjakannya kita akan mendapat pahala.

Ketika ingin membaca Al-Qur'an kita harus dalam keadaan bersih atau suci dari hadast kecil maupun hadast besar. Untuk bersuci dari hadast kecil kita di perintahkan untuk berwudhu, dan untuk hadast besar dengan mandi junub.

Sebelum kita memulai membaca Al-Qur'an kita di anjurkan untuk membaca do'a terlebih dahulu. Nah di bawah ini merupakan bacaan do'a ketika kita akan membaca Al-Quran dan bacaan do'a ketika selesai membaca Al-Qur'an.

Do'a Ketika Akan Membaca Al-Qur'an


اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya :
"Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Selain membaca do'a tersebut, sebelum membaca Al-qur'an kita juga dianjurkan berlindung kepada Allah dari syetan.

آعوذ بالله من الشيطان الرجيم

(a’udzubillahi minasy syaithaanir rajim)

Artinya:
"Aku berlindung kepada Alloh dari godaan setan yang terkutuk"

Bukan tak berdasar, mengapa kita sangat dianjurkan membaca do'a berlindung kepada Allah dari godaan syetan tersebut? karena hal tersebut berdasarkan pada dalil An-Nahl : 98-100

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ﴿٩٨﴾إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ﴿٩٩﴾إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

Apabila kamu membaca Al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah” [An-Nahl : 98-100]

Lalu setelah membaca do'a berlindung kepada Allah dari syetan ini dilanjutkan membaca Basmalah dan dilanjut membaca Al-Qur'an.

Doa Setelah Membaca Al-Qur'an Bacaan Arab Latin dan Terjemahannya



اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina.

 Artinya atau terjemahannya:

"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."


Demikian, itulah bacaan do'a ketika kita akan membaca Al-Qur'an dan bacaan do'a setelah kita selesai membaca Al-Qur'an. Alangkah baiknya jika kita mengamalkan do'a tersebut, dan semoga dapat menambah kecintaan kita untuk senantiasa membaca dan mempelajari Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. aamiinn....


⇜Semoga Bermanfaat⇝

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Do'a Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an, Bacaan Arab, Latin dan Terjemahnya"

Posting Komentar