Bacaan Allahumma Antassalam Waminkassalam Dan Artinya

Allahumma Antassalam Waminkassalam

Bacaa "Allahumma Antassalam Waminkassalam wa ilaika ya'udussalam fahayyina rabbana bissalam" ini biasa dibaca setelah sholat saat wirid. Selain dibaca saat wirid sholat, bacaan ini biasa dibaca saat dzikir dalam acara dzikir akbar atau dzikir bersama, atau bisa juga dibaca saat dzikir sendirian baik saat dzikir berdiri maupun dalam keadaan berbaring atau duduk.

Bacaan Allahumma Antassalam Waminkassalam ini isinya sangat luar biasa karena memohon keselamatan baik di dunia maupun di Akhirat dengan memuji kebesaran Allah. Berikut ini adalah bacaan lengkap baik teks Arab, latin, arti maupun terjemahannya "Allahumma Antassalam Waminkassalam wa ilaika ya'udussalam"

Allahumma Antassalam Waminkassalam Arab dan Artinya


اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam fa hayyina rabbana bis-salam wa adkhilnal-jannata daras-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram.

"Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu. Ya Tuhan kami, hidupkanlah kamu dengan sejahtera. Masukkanlah kami kedalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Bacaan ini biasa dibaca saat dikir setelah sholat sebelum membaca Surat Abaqarah ayat 163 dan ayat kursi.


Surat Al-Baqarah Ayat 163 dan Artinya


وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّ حْمَنُ الرَّحِيْمُ
Wa ilahukum ilahuw-wahidul-la ilaha illa huwar-rahmanur-rahim.

"Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”" (QS. Al-Baqarah [2]: 163)

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

Ayat Kursi merupakan ayat dalam surat Al-Baqarah ayat 225 bunyinya seperti di bawah ini.


اَللهُ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَالْحَيُّ اْقَيُّوْمُ لاَ تَأْ خُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِى السَّمَا وَاتِ وَمَا فِيْ الْأٌرْضَ مَنْ ذَااْلَذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إَلاَّ بِإَذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَاْفَهُمْ وَلاَ يُحَيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَوَسِعَ كُرْسِيُهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَ رْضَ وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْضُهُمَاوَهُوَالْعَلِيُّ الْعَضِيْمُ

Allahu lailaha illa huwal-hayyul-qayyum la ta’ khudzuhusinatuw-wa la naum lahu ma fis-samawati wa ma fil-ardh man dzal-ladziyasfa’u indahu illa bi idznih ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum wa la yhithuna bi syaim min-ilmihi illa bimasya’ wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ardh wa la yauduhu hifzuhuma wa huwal-aliyyul-azim.

 "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetaui segala sesuatu yang ada dihadapan dan di belakang mereka da mereka tidak mengetahui sedikit pun dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. “Kursi” Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Nah itulah mengenai bacaan yang berbunyi "Allahumma Antassalam Waminkassalam wa ilaika ya'udussalam fahayyina rabbana bissalam"  yang disertai dengan artinya. Mungkin dari teman-teman sudah banyak yang hafal bacaan ini, namun belum tahu maknanya, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan buat rekan-sahabat sekalian. aamiin.

Mungkin dalam kesematan yang lain kita coba share mengenai bacaan dan so'a setelah sholat selelengkapnya, tetep sering-sering lihat tulisan terbaru dari kami ya :)

Berikut adalah sebagian ayat tentang perinta memuji Kebesaran Allah

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

"Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat)" (Q.S. Al-Hijr 98)

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

"Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya." (QS. Thaha : 130)

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ

"Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri." (QS. Ath-Thur : 48)

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

"Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat." (QS. An-Nashr : 3)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Allahumma Antassalam Waminkassalam Dan Artinya"

Posting Komentar