Do'a Sholat Dhuha dan Artinya Teks Arab Latin Lengkap

Do'a Sholat Dhuha lengkap dan Artinya. Kali ini kita akan sahre mengenai do'a sholat dhuha lengkap dengan artinya. Do'a sholat dhuha ini juga terdapat teks arab  dan latinnya.

Banyak orang melaksanakan sholat dhuha dengan mengharap kepada Allah agar rizqinya dicukupkan. Bukan tanpa alasan, karena memang ada dalilnya.

Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada guru kami Bapak Soemanto yang telah mengajarkan kami tentang doa sholat dhuha ini beserta artinya juga teks arab dan latin.

Beliau mengajarkan do'a sholat dhuha ini persis saat bulan ramadhan sekitar tahun 2004. Saat itu sekilah kami masuk setengah hari di bulan Ramadhan. Beliau mengajarkan dengan setulus hati tentang do'a sholat dhuha ini.

Selain mengajarkan kepada kami tentang isi  doa sholat dhuha baik artinya, beliau juga mengajarkan dengan menuliskan teks arabnya di apan tulis, sementara dalam buku panduan kami tentang pelajaran fikih dalam bab sholat dhuha ini juga dituliskan di dalamnya bacaan dalam huruf latin.

Baca juga: Do'a Sapu Jagat, Doa Kebaikan di Dunia dan Di Akhirat

Berikut adalah do'a sholat dhuha yang diajarkan kepada para ulama.

Do'a Sholat Dhuha dan Artinya Teks Arab Latin Lengkap


Do'a Sholat Dhuha dan Artinya


اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ
 وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ 
وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ 
وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ
 وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ
 وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
 اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ
 وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ
 وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ
 وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ
 بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Tulisan Latin doa sholat dhuha


Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita 'ibaadakash-shalihiin.

Arti atau terjemahan doa sholat dhuha

Artinya:
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu"

"Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh"

Masyaallah, luar biasa sekali ya makna do'a sholat dhuha ini. Ketika kita membaca do'a tentu sangat dianjurkan untuk memahami arti dan maksud do'a tersebut. Jangan sampai kita membaca do'a namun tak tahu apa maknanya, termaduk dalam bacaan sholat dhuha ini. Padahal dlam do'a sholat dhuha ini memiliki arti yang sangat dalam, doa agar Allah membukakan pintu-pintu rizqi, baik dari langit maupun dari bumi. Baik yang jauh, yang sulit agar dimudahkan dan didekatkan, yang haram agar dibersihkan atau disucikan.

Sholat Dhuha merupakan sholat yang dilakukan di waktu dhuha yaitu dimulai dari matahari setinggi tombak sampai tergelincirnya matahari. Dilakukan minimal 2 rokaat.

Untuk pembahasan tentang jumlah rokaat, tata cara sholat dhuha maupun niatnya, mungkin kami akan membahasnya di dalam tulisan yang lain agar tidak terlalu panjang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel