Bacaan Niat Wudhu Arab dan Latin Lengkap Dengan Artinya dan Penjelasan Ustadz Abdul Somad






Bacaan Niat Wudhu

Assalamu'alaikum sahabat akhwatmuslimh.net. Kali ini kita akan share mengenai bacaan niat wudhu.

Mungkin bagi sebagian orang sudah hafal, namun bisa jadi ada yang sudah lupa tentang niat wudhu ini dan hendak mencarinya. Nah anda sudah tepat mengunjungi laman blog ini untuk mengetahui lebih dalam niat dan mengapa dilafalkan.

Mengenai niat wudhu sendiri sebenarnya letak niat iru di dalam hati. Para ulama berbeda pendapat, ada yang berpendapat cukup di dalam hati saja tak perlu dilafalkan.

Sedangkan madzhab syafi'i hukum mengucapkan niat dalam wudhu adalah mustahab atau dianjurkan untuk menolak was-was atau keragu-raguan. Di akhir paragraf nanti kita akan membagikan video penjelasan ustadz Abdul Shomad tentang niat penjelasan mengapa dilafalkan

Berikut adalah bacaan niat udhu dan artinya


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta'alaa

Artinya : "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta'ala"

Niat merupakan bagian dari rukun wudhu, maka niat ini meski tidak harus dilafalkan, namun harus diyakini di dalam hati.


Melafalkan niat wudhu adalah untuk menolak keragu-raguan pada diri seseorang. Berikut adalah video ustadz Abdul Shomad tentang penjelasan melafalkan niat.

Baca Juga: Tata Cara Wudhu Yang Benar Disertai dengan Ilustrasi Gambar

Penjelasan tentang Niat Ustadz Abdul Somad




Namun demikian, melafalkal niat wudhu dengan bismillah di dalam kamar mandi tidaklah diperbolehkan, hal tersebut berdasarkan perbuatan Nabi, ketika beliau berada di dalam kamar mandi kemudian ada orang yang salam, beliau tidak menjawab salam tersebut sampai beliau keluar kamar mandi baru beliau menjawab salam.



Penjelasan letak niat wudhu dalam hati oleh Ustadz Abdul Somad. Kalaupun tidak melafalkan niat, wudhu tetap sah, karena niat letaknya ada di dalam hati.



Demikian penjelasan mengenai bacaan dan lafatdz niat wudhu, yang juga dilengkapi dengan video penjelasan dari ustadz Abdul Somad.

Semoga setelah membaca artikel bacaan niat wudhu arab dan latin yang disertai dengan penjelasan video Ustadz Abdul Somad ini bisa menambah wawasan dan khasanah Islam pada diri kta.

Penjelasan lengkap tentang tata cara wudhu ustadz Abdul Somad

 


Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Niat Wudhu Arab dan Latin Lengkap Dengan Artinya dan Penjelasan Ustadz Abdul Somad"

Posting Komentar