Keutamaan Hari Jum'at dan Beberapa Amalan yang disunnahkan Pada Hari Jum'at







Hari jum'at merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat islam. Pada hari jum'at setiap umat muslim laki-laki berkumpul untuk melaksanakan sholat jum'at secara berjama'ah di masjid.

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at di antaranya:


  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.



Berikut ini amalan-amalan yang perlu kita kerjakan atau amalan yang di sunnahkan di hari jum'at. Amalan ini sangat di anjurkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam.


1. Membaca Shalawat Untuk Nabi Muhammad.


Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:


أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”. (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro).

Memperbanyak sholawat  kepada nabi juga merupakan sebuah ibadah agung. Dengan bersholawat akan menambah kecintaan kita kepada nabi Muhammad. Untuk itu sering-seringlah kita bersholawat kepada nabi teruatama pada hari jum'at agar di akhirat kelak kita mendapat syafaat dari beliau.


2. Memperbanyak Do'a


Di hari jum'at kita di anjurkan untuk banyak berdo'a kepada Allah, Karena menurut beberapa hadist, di jelaskan bahwa hari jum'at merupakan waktu mustajab atau waktu-waktu dikabulkannya doa kita.

Ada beberapa pendapat ulama mengenai waktu mustajabnya doa di hari jum'at salah satunya sebagai berikut.

Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari. Ia berkata, “Abdullah bin  Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

هِىَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ
Artinya:

“Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat.” (HR. Muslim 2012 dan Abu Daud 1051).




3.Membaca Surah Al-Kahfi



Nah untuk hal yang satu ini mungkin temen-temen semua seringkali melihat dari story whatsapp,instagram ataupun facebook. Biasanya banyak yang membuat status begini: "Wah Hari Jum'at Jangan lupa Al-Kahfi ya" dan sebagainya.

Tentu ini merupakan suatu hal baik, karena juga dapat mendorong kita untuk mengerjakan hal tersebut.

Dalam sebuah hadist, di katakan sebagai berikut:


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: 

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470.

Surah Al kahfi juga memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satu keutamaan membaca Surah al-Kahfi seperti yg di riwayatkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, kita akan di selamatkan dari fitnah Dajjal.  “Barang siapa yang berada di zaman dajjal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat al-Kahfi.” (HR Muslim).

Demikian sedikit pembahasan mengenai Keutamaan Hari Jum'at dan Beberapa Amalan yang di Sunnahkan Pada Hari Jum'at. Sebetulnya masih banyak sekali amalan-amalan lain yang dapat kita kerjakan di hari jum'at. Tulisan di atas hanya menyebut 3 amalan saja. Semoga kami dapat membahasnya di kesempatan lain.



Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Hari Jum'at dan Beberapa Amalan yang disunnahkan Pada Hari Jum'at"

Posting Komentar