1 Sha’ itu Berapa Kilogram? Kadar Zakat Fitrah Beras (Makanan Pokok)

1 Sha’ itu Berapa Kilogram

Mungkin banyak tean-teman yang mempertanyakan mengenai jumlah berapa kg sih jika zakat menggunakan beras atau makanan pokok?. Karena pada umumnya di Indonesia makanan pokok adalah menggunakan beras. Jadi zakat fitrahpun musti menggunakan beras yang menjadi makanan pokok sehari-hari.

1 sha' merupakan ukuran takaran, bukan timbangan. Ukuran takaran sha' adalah ukuran yang berlaku pada zaman rasulullah shollallahu'alaihi wasallam jaman dahulu. 1 sha' adalah 4 mud, sedangkan 1 mud adalah 1 cakupan ukuran tangan normal digabungkan.

Berikut adalah sebuah pertanyaan dari jama'ah mengenai jumlah takaran zakat fitrah yang harus ditunaikan bagi seorang muslim dan muslimah

Tanya :

Ustadz, tanya, 1 (satu) sha’ itu berapa kilogram? Dan sha’ itu ukuran berat atau volume? (081323174117).


Jawab :

Ukuran zakat fitrah adalah satu sha’ bahan makanan pokok. Sha’ itu adalah ukuran takaran (al-kail), bukan ukuran berat (al-wazan). Satu sha’ gandum (al-qamhu) beratnya adalah 2176 gram. (Abdul Qadim Zalum, Al-Amwal fi Daulah Al-Khilafah, hal. 60).


Walaupun takarannya sama (satu sha’) akan tetapi setiap biji-bijian akan mempunyai berat yang berbeda. Satu sha’ gandum beratnya tidak sama dengan satu sha’ beras, tidak sama pula dengan satu sha’ jagung, dan seterusnya.

Kami sendiri belum pernah mengadakan percobaan untuk mengukur satu sha’ itu berapa gram untuk beras. Namun ada ulama Indonesia yang sudah mengukur dan menghitungnya.

Di antaranya adalah Prof. Mahmud Yunus. Menurut Prof. Mahmud Yunus dalam kitabnya Al-Fiqhul Wadhih Juz 2 hal. 10, bahwa 1 sha’ beras itu setara dengan 2187,5 gram beras. Beliau menyatakan :

ويخرج المزكي عن كل شخص صاعا من الأرز وقدره كيلوان ومئة وسبعة وثمانون ونصف قرام

“Wa yukhriju al-muzakkiyyu ‘an kulli syakhsin shaa’an min al aruz, wa qadruhu kiluwaani wa mi’atun wa sab’atun wa tsamaanuuna wa nishfu qiraamin”

Artinya : “Muzakki mengeluarkan (zakat fitrah) untuk setiap jiwa sebesar satu sha’ beras, dan kadarnya (beratnya) adalah dua kilogram dan seratus delapan puluh tujuh setengah gram ( 2187,5 gram).” (Mahmud Yunus, Al-Fiqhul Wadhih, Juz 2 hal. 10).
Wallahu a’lam. (K.H.Muhammad Shiddiq al Jawi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1 Sha’ itu Berapa Kilogram? Kadar Zakat Fitrah Beras (Makanan Pokok)"

Posting Komentar