Foto Pasaran (Masak-masakan), Permainan Anak Zaman Dulu

permainan zaman dulu

Bagi kalian yang kelahiran tahun 1990 an ke bawah (1980) mungkin sangat akrab dengan permainan ini, Karena zaman duu belum ada gadget seperti sekarang, bahkan di kampung-kampung hanya sedikit yang memiliki televisi, bisa jadi 1 kampung cuma ada 1 orang yang punya dan biasa ditonton bareng-bareng dengan menggunakan listrik ACCU.

Namun hal tersebut tak menghalangi anak-anak jaman dulu untuk berkreativitas dalam permainan. Salah satunya pasaran atau masak-masakan. Dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, mereka terbiasa main pasaran di mana mereka bermain seolah saling menjual barang yang mereka masak/mereka buat.

Permainan ini bahkan tak hanya dilakukan anak-anak perempuan, bahkan anak laki-lakipun melakukan permainan ini. Berikut ini adalah lampiran foto-foto pasaran atau masak-masakan jaman dulu anak 1990/1980 an:

permainan anak jaman dulu

Menggunakan batang pisang (debog pisang sebagai mainan masak-masakan), batang daun singkong yang diiris-iris, pelepah pisan dan lain sebagainya.

Masak-masakan zaman dulu

Pelepah pisang, jantung pisang dan dedaunan sebagai bahan mainan anak-anak jaman dulu. Gambar di atas adalah dimisalkan seperti lauk pauk dan sayur mayur.

Masak-masakan tempo dulu dulu

Daun pisang sebagai pincuk/bungkus ketika ada teman lain yang membeli.

pincuk permainan anak jaman dulu

Bungkus daun pisang yang sudah dipincuk dikunci menggunakan lidi, Ini adalah bungkus biasa digunakan jajanan pasar tempo dulu.

Dinamakan "masak-masakan" karena mereka membuat barang-barang yang ada di sekitar seperti dedaunan, pelepah pisang, jantung pisang sebagai media yang dipakai untuk permainan masak-masakan.

Dinamakan "pasaran" karena apa yang mereka buat kemudiah dijual ke temannya, biasanya juga dengan uang bohong-bohongan, seperti uang dari daun. Ciri khas pasar adalah tempat transaksi jual beli, oleh karenanya dinamakan pasaran

Hmmm. apakah kalian pernah melakukan permainan seperti ini di zaman dulu?? jika ia mungkin kita seumuran :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Foto Pasaran (Masak-masakan), Permainan Anak Zaman Dulu"

Posting Komentar