Sholawat Tafrijiyah Bacaan Arab dan Artinya

Sholawat Tafrijiyah

Sholawat tafrijiyah adalah sholawat ghairu ma'tsur yaitu sholawat yang dibuat oleh ulama. Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menyebut dengan nama shalawat At-Tafrijiyah dalam kitabnya Afdlal ash-Shalawat ala Sayidi as-Sadat pada urutan ke 63.

Sementara dalam kitab Khazinatul Asrar, sebuah kitab karya Syaikh Muhammad Haqqi Afandi An-Nazili, disebutkan bahwa Syaikh Al-Qurthubi menamai shalawat ini dengan nama Shalawat Tafrijiyah, yang diambil dari teks yang terdapat di dalamnya yaitu (تنفرج).

Sholawat Tafrijiyyah biasa juga disebut dengan sholawat nariyah, sudah kami bahas seblumnya tentang keutamaan sholawat nariyah.

Menurut referensi yang kami baca, sholawat ini berasal dari salah satu ulama Maghribi atau sekarang dikenal dengan nama Maroko. Syaikh Ali Jumah yang digelari Allamah Ad-Dunya, mendapat sanad yang sempurna dari gurunya Syaikh Abdullah al-Ghummar.

Syaikh Abdullah al-Ghummar, adalah seorang ahli hadits dari Maroko, yang sampai kepada muallif (pengarang) Shalawat Nariyah Syaikh Ahmad At-Tazi al-Maghribi (Maroko)

Bacaan Sholawat Tafrijiyah Arab/Arabic Latin dan Artinya


اَللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَـــــامِلـَــةً وَسَلمِّ ْسَلاَمًا تَامـًّــا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالَّذِى تَنْحَلُّ بِـــهِ الْعُقَدْ وَتَنْفَرِجُ بِهِ اْلكُــــرَبْ وَتُقْضَى بِهِ اْلَحَوَائِجِ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبِ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقىَ اْلَغَمَــــامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ اَلِـــهِ وَصَحْبِه ِفِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُـــوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli Shollatan kaamilatan wa sallim salaaman, taamman 'alaa sayyidina muhammadiilladzi, tanhalu bihil 'uqodu watan fariju bihil qurobu, watuqdhoobihil hawaaiju watunaalu bihil roghoibu, wahusnul khowaatimi wa yustasqol ghomamu, biwajhihil kariimi wa 'alaa alihii, washohbihi fii kulli lamhatiwwanafasin  bi'adadi kulli ma'luumillak.

Terjemahan Sholawat Tafrijiyah:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam yang sempurna kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, yang menjadi sebab terlepasnya segala macam keruwetan dan hilangnya segala macam kesusahan dan terpenuhinya segala macam hajat tercapainya segala yang diingini dan khusnul khotimah (akhir hayat yang baik) dan dicurahkan air hujan (rahmat) berkat keagungan, kemuliaan Nabi Muhammad saw rahmat serta salam tersebut semoga tetap pula atas keluarga dan sahabatnya pada setiap kerdipan mata dan tiap-tiap hembusan nafas, bahkan sebanyak bilangan yang engkau ketahui.

Itulah bacaan sholawat tafrijiyyah atau juga biasa dikenal dengan sholawat nariyah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sholawat Tafrijiyah Bacaan Arab dan Artinya"

Posting Komentar