Jika Kondisi Mepet Tak Punya Uang Sama Sekali, Apa Yang Harus Kita Lakukan?

stres tak punya uang

Pernah nggak sih? kalian dalam kondisi mepet sekali? kepepet tidak punya uang sama sekali? apa yang lantas harus kita lakukan?

Misal, kita diperantauan tak punya uang sama sekali, dompet hilang kira-kira kamu bakal ngapain nih kalau dalam kondisi seperti itu?

Hmmm... berdo'a? pengen nangis? atau nyari uang sebisa mungkin?


Nah berikut ini ada tulisan bagus, yang kami dapatkan dari seseorang, mudah-mudahan bacaan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Penulis sendiri tidak tau, apa judul tulisan ini sebenarnya, namun sayang jika tulisan bagus seperti ini tak dishare ke kawan-kawan semuanya.

MAU DAPET DUIT?, Mikir! bukan Ngeluh!
Gw kasih kondisi terekstrim deh ya yang masih masuk akal.

Anggap si Kinoy, usia 20 tahun, jomblo, terdampar di kota besar, gak punya ijazah, gak ngerti digital marketing, gak pegang duit karena abis kecopetan, Hp pun tidak ada. buat makan nanti malam pun gak ada duit.

Kinoy mesti ngapain?
Kalau gw jadi Kinoy,

gw samperin tukang gorengan/warteg/resto padang, "mas maaf saya kecopetan, dan saya gak punya siapa² disini, boleh saya bantu-bantu mas cuci piring sampai malam, tuker sepiring makanan buat saya". Masa sih dari 30 tempat yg gw datengin, gak ada yg mau bilang iya.

Malam-nya tidur di pinggir jalan, tapi perut kenyang

Besoknya gw cari kerja, dan sebisa mungkin gw akan cari kerja yg tinggal dalem.. jadi gak pusing sama makanan dan tempat tidur...ke komplek perumahan, ke pos-pos satpam di tiap gerbang, tanya, apakah ada rumah yang lagi cari tenaga kerja.

Bisa jadi pembantu, tukang kebon, orang gudang, apapun itu.

Ini adalah tahapan awal CARI DUIT CASH

==================================

Setelah kerja 2 bulan, dapet lah duit 3 jutaan bersih (karena kan makanan dan tempat tinggal dah ditanggung sama si bos)

Duit ngumpul, baru mulai bisa LEVERAGE nih. (leverage itu daya ungkit, biar duit yg elo dapet jadi beranak lagi lah ibaratnya)

Gw ijin ke si boss, buat ke pasar, beli smartphone termurah, anggap lah 1.5 juta, beberapa baju buat ngelamar kerja di pasar 200rb dan pulsa 300rb, sisa duit 1 juta.

Dan ceritanya nih ya, di rumah si boss, ada wifi (kalau gak ada, ya tadi kan dah beli paketan 300k) jadi gw bisa nontonin tuh pas dah malem istirahat kerja, cara2 jualan online di Marketplace, lalu belajar instagram, intinya sih belajar yg gratis-gratis dulu. Fokus dalam 1 bulan bisa lumayan fasih belajar 2 ilmu.

Di bulan ke 3, berarti duit gw dari sisa 1 juta + 1.5 juta di bulan itu, ada 2.5 juta dong? gw tabungin dulu di Bank, ini biar gw punya yang namanya rekening.

Ya udah deh, gw mulai dropship antar marketplace, jualan di IG.
duit 2.5 juta, udah lebih dari cukup buat gw pake buat nalangin duit buyer dulu, karena kan butuh 3 hari sampai duit ditransfer MP ke rekening gw.

berasa kurang pinter dengan ilmu gratisan, gw pake duit 1 juta buat ikut kelas online di bulan itu.. apapun itu kelas onlinenya, yang kira-kira memperkaya skill gw.

Inget ya kondisi diatas, gw masih tinggal dalem di tempat boss gue kan.. jadi sekali lagi, makanan sama tempat tinggal ada yg nanggung.

===========

Selanjutnya? duit makin banyak, ya udah deh, terserah.. lanjutkan sendiri ajah...

===========

Pada intinya sih, harusnya malu kalau bilang cari duit itu susah karena begini begitu.. gak ada yg gak bisa selama kita punya otak dan tenaga..

belum bisa ngandalin otak, ngandalin tenaga..

tenaga bisa jadi buruh.
otak minimal banget bisa jadi guru TK

Dan ya jangan pelit perkaya ilmu, belajar terus.

PS:
Gw pernah ngalamin kondisi mirip kayak gini waktu usia 15 tahun, dikirim bokap ke amrik, eh dolar dari 2000 tau tau jadi 12rb dalam waktu 3 bulan stelah gw berangkat..

Akhirnya gw nyari2 kerjaan, mulai dari motongin rumput tetangga, bersihin lumut dari kolam renang tetangga, bersihin saluran got depan rumah..jadi bener-bener itu gw ke komplek perumahan, tiap ada bule yang nongkrong di teras rumah, gw ajakin ngomong minta kerja.

Sampai akhrinya karena gw lumayan pinter ngegambar, gw jadi suka gambarin wajah orang pake pensil, dibayar 25 dolar/gambar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jika Kondisi Mepet Tak Punya Uang Sama Sekali, Apa Yang Harus Kita Lakukan?"

Posting Komentar