Bacaan Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir

Bacaat tahiyat merupakan bacaan yang menjadi rukun sholat dan harus dibaca. Bacaan tahiyat dalam sholat fardhu yang lebih dari 2 rokaat maka terdapat tahiyat awal dan tahiyat akhir, kecuali sholat subuh yang hanya 2 rokaat, maka dalam sholat subuh hanya ada tahiyat akhir saja. Sedangkan untuk 4 sholat yakni, dhuhur, asar, maghrib dan isya', terdapat tahiyat awal dan tahiyat akhir.

Bacaan attahiyat biasa disebut juga bacaan tasyahud (Tasyahud awal dan tasyahud akhir). Dalam posisi attahiyat ini juga ada 2 jenis dudunya. Di dalam tahiyat awal, maka harus duduk dengan cara duduk iftirasy, dan dalam tahiyat akhir disebut posisi duduk tawaruk. Untuk lebih jelasnya perbedaan  tahiyat awal yang dudu iftirasy dan tahiyat akhir yang tawaruk, akan lebih jelas dengan melihat gambar di bawah ini.

posisi duduk tahiyat awal dan akhir

Untuk bacaan tasyahud awal maupun tasyahud akhir, hanya beda sedikit saja. Untuk tasyahud awal hanya di baca sampai sholawat pertama saja, untuk tasyahud akhir dibaca sampai selesai.

Untuk lebih jelas mengenai perbedaan bacaan tahiyat awal (tasyahud awal) dan tahiyat akhir (tasyahud akhir). Akan di bahas lebih jelas di bawah ini.


Bacaan Tasyahud (Tahiyat) Awal dan Artinya


اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu laillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullayhi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’la ‘ibadillahis salihin. Asyahadu alla illaha illallah. Wa’asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahumma solli’ala Sayyidina Muhammad.

Artinya: Segala penghormatan, keberkahan, curahan rohmat, kebaikan adalah untuk Allah. Kesejahteraan atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatan-Nya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, berilah curahan rohmat atas Nabi Muhammad.

Bacaat Tasyahud (Attahiyat) Akhir dan Artinya


اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu laillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullayhi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’la ‘ibadillahis salihin. Asyahadu alla illaha illallah. Wa’asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahumma solli’ala Sayyidina Muhammad. wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Kama sollaita’ala Sayyidina Ibrahim wa’ala ali Sayyidina Ibrahim. Wabarik ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Kama barakta ‘ala Sayyidina Ibrahim wa’ala aliSayyidina Ibrahim. Fil ‘alamina innaka hamidummajid

Artinya : Segala penghormatan, keberkahan, curahan rohmat, kebaikan adalah untuk Allah. Kesejahteraan atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatan-Nya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, berilah curahan rohmat atas Nabi Muhammad. dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau beri rahmatkepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Berkatilah atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Di dalam alam ini, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Setelah membaca tasyahud akhir ini disunahkan juga untuk berlindung dari siksa kubur dan fitnah dajjal. Do'a ini sudah sangat masyhur dan hukumnya sunnah. Namun meski sunnah ini sangat dianjurkan mengingat makna doa ini sangat penting untuk keselamatan di dunia dan akhirat.

Nah buat teman-teman yang belum tahu seperti apa sih do'a fitnah agar terhindar dari fitnah dajjal yang dibaca setelah tasyahud (tahiyat) akhir ini? berikut pembahasannya.

Do'a Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal Dibaca Setelah Tahiyat Akhir

Ingat do'a ini hanya dibaca saat tahiyat akhir ya, bukan tahiyat awal. Seperti ini do'anya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal

Artinya:  Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.

Nah itulah mengenai do'a atau bacaan tasyahud awal dan tasyahud akhir yang juga di lengkapi dengan do'a agar terhindar dari fitnah dajjal yang dibaca setelah tahiyat akhir. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian, terlebih bagi yang belum tau atau belum faham arti bacaan tasyahud awal maupun tasyahud akhir. Semoga setelah memahami artinya, kita bisa sholat dengan lebih khusu'. aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir Lengkap Dengan Artinya"

Posting Komentar