Bacaan Bilal Jum'at, dan Do'a Bilal Jum'at Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Bilal Jum'at, dan Do'a Bilal Jum'at

Sebelum memaparkan mengenai bacaan bilal Jum'at serta do'a bilal Jum'at ini terlebih dahulu kami mengucapkan kepada beberapa Ustadz kami yang telah mengajari mengenai bacaan maupun lafadz bilal Jum'at dan do'a bilal Jum'at ini kepada guru-guru kami.

Kami mengucapkan kepada Al-Ustadz Khoiruddin, pengasuh MD Fatkhul Qolbi, Kepad Kyai Muhammad Hasanuddin (Fatkhul Mubarok), Kyai Muhammad Istoni (Fatkhul Mubarok), Ustadz Milladunna Dzikron, Ustadz Acmad Marfu'in yang sudah mengajari kepada kami tentang do'a dan bilal jum'at ini.

Kami adalah orang-orang yang kebetulan hidup dikalangan nahdhiyyin, dan bilal dalam sholat jum’at merupakan salah satu budaya yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat Nahdlatul Ulama ketika hendak melaksanakan sholat jum'at secara berjama'ah.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan di manapun bilal Jum'at ini dibacakan, hanya sedikit saja perbedaannya itupun pada lafadz tentang riwayat Abu Hurairah dan bukan pada maknanya.

Misalnya pada tempat tertentu ada yang membaca dengan

اَنّ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ

Ada juga yang membaca dengan

اَنَّهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Namun pada intinya adalah sama saja, tidak ada perbedaan mencolok pada bacaan dan do'a sholat Jum'at.

Dan Berikut adalah pembahasan mengenai bilal Jum'at dan do'a bilal Jum'at lengkap dengan artinya. Sayang kan kalau ada yang hafal namun tidak memahami artinya, oleh karenanya memahami arti dalam sebuah do'a adalah sangat penting, karena kita menjadi tahu ma'na do'a maupun bacaan tersebut, tak terkecuali dalam bilal jum'at dan do'a bilal jum'at ini.

Rincian alur Bilal Jum'at Bacaan Bilal Jum'at dan do'a Bilal Jum'at

1. Adzan pertama, ini adalah peringatan kepada jama'ah yang masih berada di jalan atau di rumah agar segera datang ke masjid karena sebentar lagi rangkaian ibadah sholat jum'at akan segera di mulai.

2. Peringatan kepada jama'ah sholat Jum'at agar untuk tenang dan diam serta memperhatikan khutbah. Bacaan ini dibaca bilal setelah adzan pertama sesaat sebelum khotib naik mimbar. Berikut lafadz teks bacaan bilal jum'at.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللّٰهُ، رُوِيَ عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ، اَنَّهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ اَنْصِتْ وَالْاِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ، وَمَنْ لَغَا فَلَا جُمْعَةَ لَهُ، اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللّٰهُ
Artinya:

"Wahai golongan kaum muslim dan kaum mukmin, semoga Allah senantiasa memberikan rohmat-Nya kepada kamu sekalian. 
Diriwayatkan dari sahabat Abu Huraiarah ra., bahwasanya beliau berkata, Rosulullah SAW bersabda : ketika kamu berkata "ansit" kepada temanmu pada hari jum'at (sholat jum’at), sedangkan khotib sedang berkhutbah, maka kamu telah melakukan hal yang sia-sia. Barang siapa yang melakukan hal sia-sia, maka tidak ada jum'at baginya, maka perhatikan, dengarkan, dan ta’atilah, semoga Allah memberikan rohmat kepada kamu sekalian."

Catatan :
Kata "ansit" di sini adalah kata seruan untuk memperingati seseorang, misalnya "stttt !!!" hey jangan diam, jangan ramai dan semisalnya.

3. Membaca do'a untuk kaum muslimin saat khotib mulai naik mimbar, khotib berdiri di samping mimbar sembari menengadahkan tangannya, dan bilal membacakan do'a.

Berikut bacaan dan lafadz teks do'a bilal jum'at disertai artinya.

اَللّٰهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلاَمِ, مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ, وَيَسِّرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِ الدِّيْنِ, وَاخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ, وَيَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Arti do'a dalam bilal jum'at

"Ya Allah, kuatkanlah keislaman dan keimanan kaum muslimin (pria) dan muslimat (wanita), kaum mukminin (pria) dan mukminat (wanita), yang masih hidup dari mereka semua dan juga yang sudah meninggal, mudahkanlah mereka untuk mengokohkan agama, akhirilah (hidup) kami dari-Mu dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rohmat-Mu wahai Tuhan yang Maha penyayang dari semua penyayang"

4. Adzan ke 2, Adzan ke dua dilakukan saat khotib berada di mimbar dan khotib duduk di kursi yang telah di sediakan.

5. Doa dan sholawat diantara 2 khutbah jum'at

 َاَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ بِجَلَالِكَ وَكَمَالِكَ عَلٰى اَشْرَفِ عِبَادِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مَحَمَّدٍ وَعَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللّٰهِ اَجْمَعِيْنَ

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah rohmat dan kesejahteraan dengan keagungan dan kesempurnaan-Mu kepada hamba-Mu yang paling mulia dan baginda kami, Muhammad, serta semua sahabat Rosulullah"

Demikian mengenai pemaparan bacaan dan do'a bilal jum'at, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa untuk belajar rekan-rekan yang hendak mempelajari bacaan bilal Jum'at. aamiin. wallahua'lam bishshowwab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Bilal Jum'at, dan Do'a Bilal Jum'at Lengkap Dengan Artinya"

Posting Komentar