Contoh Bacaan Idhar Halqi

Idhar Halqi adalah bacaan dalam ilmu Tajwid yang berarti jelas atau terang. Idhar Artinya Jelas, Sedangkan Halqi artinya Kerongkongan.

Jadi Jika digabung arti idhar halqi adalah jelas di kerongkongan.


Idhar halqi merupakan bacaan dalam dalam ilmu tajwid dalam bab Nun Sukun dan tanwin.

Bacaan Idhar Halqi sendiri adalah bila mana ada  Nun Sukun ( نْ ) atau tanwin baik  fathah tanwin (ــًـ), kasroh tanwin (ــٍــ)  atau dhomah tanwin (ــٌـ) bertemu dengan huruf-huruf idhar, maka cara membacanya harus jelas.

Apa Saja huruf-huruf Idhar tersebut? yaitu = Alif (ا), , Ha (ح), Kha (خ), ‘Ain (ع), Ghain (غ) Ha’ ( ﮬ)

Nah, apabila di dalam alqur'an kita menemukan bacaan nun Sukun  ( نْ ) atau tanwin [(ــًـ) (ــٍــ) (ــٌـ)] yang bertemu dengan 6 huruf idhar yaitu Alif (ا) , Ha (ح), Kha (خ), ‘Ain (ع), Ghain (غ)  dan Ha’ ( ﮬ) maka hukum bacaannya disebut dangan idhar halqi.

Cara membacanya harus JELAS! Tidak boleh mendengung!

Contoh-contoh Bacaan Idhar Halqi


Untuk memudahkan kalian para pembaca online dalam memahami cara bembaca bacaan  Idzhar Halqi, maka dibawah ini Penulis telah memberikan Contoh  Idzhar Halqi didalam Al Qur’an.

Contoh Bacaan Idhar Halqi

Contoh lainnya
Idhar Halqi

Contoh bacaan idhar halqi terdapat dalam contoh-contoh di atas yang berwarna merah adalah bacaan idhar halqi yang biasa umum sering di baca di dalam Al-qur'an.

Nah semoga artikel ini membantu teman-teman semua dalam mempelajari Alqur'an dalam ilmu tajwid khusunya bab nun sukun pembahasan idhar halqi.

Kami mengucapkan teriakasih kepada KH. Khoiruddin yang telah mengajarkan ilmu tajwid ini kepada kami.

Semoga bisa bertemu dalam pengetahuan tentang tajwid di postingan selanjutnya. aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel