Makna Bacaan Sholawat Tibbil Qulub Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Makna Bacaan Sholawat Tibbil Qulub Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Assalamu’alaikum sahabat semuanya, Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala.

Kali ini kami akan memaparkan tentang bacaan Sholawat Tibbil Qulub, arti dan juga keutamaan Sholawat Tibbil Qulub.

Awal mula kami menulis tentang sholawat tibbil qulub ini adalah karena terinspirasi sholawat tersebut saat kami kunjugan ke salah satu kampung di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Kendal.

Di sebuah kampung kami mendengar sholawat Tibbil Qulub yang dilantunkan seorang ustadz setelah kumandang adzan Maghrib, dan ternyata setelah adzan maghrib tersebut sang ustadz mengajar anak-anak dan menjelaskan makna dari sholawat tibbil qulub tersebut.

Dari pengalaman tersebut kami tertarik menuliskan ini dan menshare kepada sahabat-sahabat semua

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub Arab, Latin Arti dan Keutamaannya


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

SHOLAWAT TIBBIL QULUB LATIN :

ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN TIBBIL QULUUBI WADAWAAIHAA WA’AAFIYATIL ABDAANI WASYIFAAIHAA WANUURIL ABSHAARI WADLIYAAIHAA WAQUWWATIL AJSAADI WAL ARWAAHI WAGHIDAA IHA WA’ALAA AALIHI WASHAHBIHI AJMA’IIN

ARTINYA :
Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.

Sebagaimana artinya di atas, adapun

Keutamaannya arti maupun Makna Sholawat Tibbil Qulub adalah sebagai berikut:


Sholawat syifa tibbil qulub merupakan shalawat Thibbiyah yang terkenal  sebagai penawar atau obat, Syafa’ dalam sholawat tersebut bermakna obat atau penawar, baik obat hati maupun obat sakit dhohir badan, karena dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Yang mana diumpamakan sebagai keafiatan sehat jasmani dan rohani bagi segala tubuh dan segala penawarnya, cahaya bagi segala mata dan sinarnya.

Wa Nuuril Abshori Wa dhiyaiha merupakah bentuk tawashul kepada Nabi agar mata kita diberikan cahaya, baik mata hati ataupun mata nyata kita, ditunjukkan jalan yang lurus yang menyinari, dan dijauhkan segala maksiat terkait pandangan mata.

Shalawat syifa tibbil qulub ini diambil dari kitab “Mafaatihu as-sa’adaah fi Sholawat”. Al Habib Abu Bakar bin Abdullah bin ‘Alwi bin Abdulloh bin Tholib Al-Athos.

Sholawat tibbil qulub atau Sholawat syifa juga dikenal dengan sholawat nuril abshor, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bersholawat memiliki banyak sekali manfaatnya.

Sholawat tibbil qulub dikhususkan untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit dhohir atau badaniyah maupun batin atau hati.

Ada beberapa fadhilah sholawat tibbil qulub ialah dapat mengobati atau memberikan kesehatan terhadap tubuh dari bermacam-macam penyakit.

Menjadikan beban hati, beban pikiran semkain ringan, menyembuhkan dan mengobati dari sifat tercela dan kegundahan atau rasa was-was serta memberikan cahaya dan sinar bagi mata hati.

Selain itu juga sholawat syifa dapat menenangkan hati ketika detik-detik persalinan yang menegangkan, karena dengan bersholawat insya Allah hati kita akan merasa lebih tenang. Untuk lebih afdholnya anda bisa membaca artikel yang juga sudah kami publis berkaitan mengenai bacaan dan doa untuk ketenangan hati.

Selain dianjurkan membaca sholawat ini saat persalinan, juga sangat dianjurkan membaca Surah Yaasiin saat istri hendak melahirkan, suami bisa membacakan surat Yaasin ini di samping istrinya, demikian pernah dijelaskan oleh Al Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya, karena dalam tafsir Ibnu Katsir, dengan membaca Surah Yaasin akan dimudahkan urusan yang berat, wallahua'lam.

Demikian mengenai penjelasan Sholawat Tibbil Qulub, semoga bermanfaat.

Jika kalian tertarik, silakan baca juga penjelasan Sholawat Asyghil, yakni sholawat berlindung kepada Allah melalui Sholawat Nabi agar terhindar dari orang-orang dzolim.

Video H. Moeid Langitan Mahabbatain Melantunkan Sholawat Tibbil Qulub

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel