Makna Bacaan Sholawat Asyghil dan Keutamaannya Agar Diselamatkan Dari Orang-orang Dzalim

Makna Bacaan Sholawat Asyghil
Bacaan Sholawat Asyghil Arab

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. sahabat akhwat muslimah, kali ini kita akan membahas makna sholawat asyghil dan keutamaannya.

Di mana sholawat asyghil ini adalah bentuk permohonan kepada Allah melalui Sholawat kepada Rasulullah agar diselamatkan dari orang-orang dzalim.

Hal ini bisa dilihat dari makna atau arti sholawat asyghil itu sendiri yakni "benturkanlah orang dzalim dengan orang dzalim" pada kalimat وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ

Sebelum berlanjut, jika anda punya banyak waktu, jangan lupa untuk membaca artikel "Arti Dari Sholawat Nariyah, Bacaan Arab, Latin dan Keutamaannya" yang sudah kami bahas sebelumnya.


Bacaan Lafadz Arab Sholawat Asyghil dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan lengkap sholawat asyghil yang sering dilantunkan terutama di kalangan pondok-pondok pesantren atau pengajian di kampung-kampung maupun kota.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

"Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in."

Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.


Sejarah Sholawat Asyghil

Disebutkan bahwa pertama kali yang membaca sholawat Asyghil ini adalah Imam Ja’far Assadiq (w. 138 H). Namun kemudian sholawat ini masyhur dengan sebutan Sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy (w.1122 H). Hal ini karena sholawat ini termasuk bacaan sholawat yang dihimpun dalam kitabnya Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Konon, do’a tersebut dipanjatkan oleh Imam Ja’far ash-Shadiq (wafat 138 H), salah seorang tonggak keilmuan dan spiritualitas Islam di awal masa keemasan umat Islam. Beliau hidup di akhir masa Dinasti Umawiyyah dan awal era Abbasiyyah yang penuh intrik dan konflik politik.

Pembacaan sholawat itu bertujuaan agar terhindar atau diselamatkan dari-orang-orang dzalim dengan memuji dan bersholawat kepada Nabi, keluara beliau dan para sahabatnya.

Baca Juga: Do'a Sholat Dhuha Lengkap Dengan Artinya teks Arab dan Latin

Dalam Surat Al-Ahzab ayat 56, Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
(Baca juga: Keutamaan Membaca Sholawat Nabi)

Selain itu dengan berdzikir dan bersholawat juga membuat hati lebih tenang (Silakan Baca Juga: Do'a dan bacaan agar hati lebih tenang dan tidak gundah gulana)

Keutamaan Sholawat Asyghil

Sesuai dengan maknanya dan sudah dibahas di atas, bahwa keutamaan sholawat asyghil adalah agar terhindar dari kedzoliman orang-orang yang dzolim yang ingin merusak Islam dan kaum muslimin.

Dalam sholawat tersebut bahkan kita memohon kepada Allah agar Allah menyibukkan atau membenturkan orang-orang dzalim dengan sesama orang dzalim melalui bentuk sholawat dan kecintaan kepada Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam, keluarganya dan para sahabat-sahabatnya.

Demikianlah artikel mengenai keutamaan sholawat Asyghil, arti dan maknanya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan untuk kalian. Dan jangan lewatkan pula untuk membaca artikel lain yang masih berkaitan dengan sholawat berikut ini "Makna Bacaan Sholawat Tibbil Qulub Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya"



Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Makna Bacaan Sholawat Asyghil dan Keutamaannya Agar Diselamatkan Dari Orang-orang Dzalim"

  1. di tempat kami habis adzan biasa baca sholawat ini, sholawat asyghil alhamdulillah, setelah baca ini jadi tau keutamaan sholawat asyghil dan ternyata maknanya sangat luar biasa

    BalasHapus
  2. Marilah perbanyak sholawat asyghil sebagai bentuk kecintaan kita kepada nabi muhammad n supaya kita terhindar dari orang - orang yang dzalim

    BalasHapus